Untuk kali ini, saya akan mencoba untuk mereview salah satu contoh software ERP yang free. Tetapi sebelumnya saya akan membeberkan sedikit apa pengertian dari ERP. ERP adalah sebuah metode kabar perusahaan yang dirancang untuk mengkoordinasikan semua sumber kekuatan, kabar dan aktifitas yang diperlukan untuk proses bisnis lengkap. Metode ERP didasarkan pada database pada biasanya dan rancangan perangkat lunak modular.

System ERP yang komples ini memiliki salah satu kelemahan adalah benar-benar mahal, melainkan ada contoh 3 aplikasi open source yang cuma-cuma adalah Compiere, Adempiere, dan open ERP. Maka berdasarkan beberapa sumber, saya mencoba mereview salah satu nya, adalah Compiere.

Compiere adalah salah satu piranti lunak Enterprise Resource Planning (ERP) berbasiskan Open Source yang dapat diimplementasikan pada perusahaan, terutamanya perusahaan distribusi. Compiere dilengkapi dengan beberapa fitur, contohnya Inventory Management, Purchasing, Sales Order, Account Payable, Account Receivable dan General Ledger sebagai pondasinya. Disupport dengan kemampuan multi currency, multi company dan multi language, Compiere benar-benar pantas bagi perusahaan-perusahaan berbentuk group of companies, yang umum di Indonesia Compiere dapat beroperasi di semua metode operasi tenar diantaranya Solaris, Linux, Unix, AIX, AS/400 dan tentu saja Windows.

Review Software ERP

Walapun Compiere disebut sebagai salah satu software ERP yang cuma-cuma, melainkan ketika ini telah tak sepenuhnya cuma-cuma, sebab sekarang dibagi menjadi 3 versi adalah Community Edition, Standard Edition, dan Profesional Edition.

Kelebihan software Compiere ini adalah:

Kesanggupan Compiere yang memungkinkan untuk dibongkar-pasang serta di kustomisasi.
Benar benar Terintegrasi. semua data (ERP, CRM dan Akunting) ini terhubunga secara otomatis.
Compiere, kecuali stabil, security dan user managementnya benar-benar bagus, dan pun dapat dibandingi dengan security dari ERP kelas dunia, dimana di Netbeans dan Eclipse, fitur ini masih hasrat.
Implementasi Cepat, sehingga dapat menghemat biaya.
Disamping itu Compiere tak mengenal kata gagal, sebab sekiranya metode yang ada pada Compiere tak dapat memenuhi keperluan perusahaan anda secara optimal, anda masih dapat mengembangkannya sendiri dari source code yang tersedia.
Rich and Reach – Rich (kaya) mengacu pada system Clien/Server interface yang memiliki semua fitur yang diperlukan. Reach (terjangkau) mengacu terhadap website interface dimana dapat diakses tanpa semestinya memerlukan program khusus dari sisi klien.
Global Market, cukup mudah membangun multi fungsi di Compiere dimana mengijinkan anda untuk berbuat di pasar global dengan bahasa yang berbeda, mata uang, dan metode akuntansi.
User Friendly dan Smart User Interface. Compiere benar benar memperhitungkan fakta bahwa beda orang akan memiliki keperluan yang berbeda pula, sehingga tak butuh SDM khusus untuk mengoperasikan nya.

Kekurangan software Compiere (Community Edition Dipungut) ini adalah:
Tak tersedia lagi WebUI (demikian juga dengan Standard edition)
Tak tersedianya PDF exporter (hanya ada versi demo, meski ini penting sekali)
Kecuali database EnterpriseDB, hanya dapat pakai Oracle XE (tak dapat pakai oracle standard or Profesional)

Sumber : http://8thinktank.co.id/