Nuukster.com ~ Cara Login Dan Petunjuk Daftar CPNS Di Sscn.bkn.go.id | 11 September lalu pemerintah membuka lowongan pekerjaan sebagai PNS yang dibuka untuk minimal lulusan SLTA sederajat dengan berbagai formasi. Pendaftaran tersebut membuat banyak orang tertarik untuk menjadi CPNS dengan pekerjaan yang cukup menjanjikan kedepan nya.

cara login sscn bkn

Bagi anda yang ingin mendaftar CPNS, silahkan cek terlebih dahulu tutorial Cara Login Dan Petunjuk Daftar CPNS Di Sscn.bkn.go.id ini agar anda bisa dengan mudah melakukan pendaftaran. Pendaftaran CPNS ini perlu ketelitian karena informasi yang sudah diinputkan tidak bisa dirubah lagi untuk informasi tertentu.

Karena itulah anda wajib membaca cara login dan pertunjuk pendaftaran di sscn.bkn.go.id sebagai tempat mendaftarnya CPNS untuk semua formasi. Untuk informasi lebih lanjut seputar pendaftaran bisa dilihat dibawah ini secara langsung agar lebih bisa dipahami:

Hal pertama yang harus anda ingat adalah bahwa pendaftaran ini harus cermat sehingga anda persiapkan terlebih dahulu beberapa dokumen yang penting ini:

Daftar Dokumen Yang Diperlukan Untuk Daftar CPNS

1. Kartu Keluarga.
2. Kartu Tanda Penduduk (KTP).
3. Transkrip Nilai
4. Ijazah.
5. Pas foto
6. Dokumen lain yang ditentukan oleh instansi yang akan dilamar.

Selain persiapan dokumen diatas, anda juga perlu melihat ketentuan yang harus diketahui oleh setiap calon pelamar yang akan mendaftar di portal resmi berikut ini:

Petunjuk Daftar CPNS di SSCN

1. Hal pertama yang harus diketahui adalah pelamar haruslah masuk ke portal SSCN 2017, yaitu https://sscn.bkn.go.id/ terlebih dahulu.

2. Klik “Pengumuman” untuk mencari informasi terkait yang berhubungan dengan instansi yang sedang buka lowongan. Hal ini perlu dilakukan karena formasi lowongan tidak untuk semua instansi, ada beberapa instansi yang sudah buka lowongan dan ada juga yang belum buka lowongan kerja sehingga anda perlu melihatnya terlebih dahulu.

3. Pilihlah instansi yang akan dilihat tersebut, biasanya instansi yang terlampir adalah instansi yang sudah buka pendaftaran maupun yang sedang akan buka pendaftaran. Karena itulah anda perlu melihatnya dengan cermat, jangan sampai anda salah informasi sehingga ternyata yang didapat adalah instansi yang akan anda lamar belum buka lowongan.

4. Hal ke empat yang tidak boleh lepas dari ingatan anda adalah anda hanya bisa melamar ke satu instansi dengan satu jabatan dalam satu periode. Karena itulah anda perlu memilih instansi yang benar-benar sesuai dengan keinginan anda, dan tentunya haruslah yang sudah dibuka pendaftaran nya.

Tetapi bagi anda yang ingin mencoba lagi tidak masalah karena pada periode selanjutnya anda bisa melamar ke instansi yang berbeda dengan periode pertama yang anda ikuti tersebut. Tetapi tetap persyaratan nya adalah setiap periode hanya diperbolehkan satu instansi dan satu jabatan saja.

5. Jangan lupa untuk melihat jadwal karena biasanya pendaftar salah jadwal, jika sudah begini pastinya anda sendiri yang rugi karena pendaftaran yang sudah ditutup tidak akan dibuka kembali hingga waktunya. Karena itulah anda perlu melihat jadwalnya dengan klik “Jadwal dan Persyaratan” terlebih dahulu agar anda tidak ketinggalan waktu.

6. Klik “Helpdesk dan Pengaduan” untuk mengetahui bagaimana anda bisa mendapatkan bantuan atau pengaduan perihal masalah yang sedang anda hadapi. Biasanya SSCN akan memberikan call center yang bisa dihubungi dan anda bisa bertanya tentang hal-hal yang berlum tercantum pada website resmi SSCN.

7. Hal yang perlu anda perhatikan selanjutnya tentang masalah Cara Login Dan Petunjuk Daftar CPNS Di Sscn.bkn.go.id adalah dengan klik “FAQ” untuk mencari permasalahan yang biasanya terjadi. Jadi sebelum menghubungi call center, pastikan anda telah membaca “FAQ” tersebut terlebih dahulu.

8. Klik “Call Center” untuk menghubungi instansi terkait pendaftaran tersebut.

Cara Login Dan Petunjuk Daftar CPNS Di Sscn.bkn.go.id

1. Hal pertama yang harus anda lakukan adalah https://sscn.bkn.go.id/ untuk melakukan pendaftaran terlebih dahulu dan membuat akun.

2. Setelah anda selesai membuat akun, anda gunakan password dan username yang anda dapatkan pada pendaftaran akun tersebut untuk melakukan login dengan klik tombol “Login” yang ada di sudut kanan atas website tersebut.

3. Masukan NIK dan Password yang anda dapatkan pada pendaftaran pertama tadi, lalu akan muncul halaman form Biodata Peserta.

4. Masuklah ke Form Biodata Pelamar dan form ini harus anda lengkapi dengan baik dan benar karena informasi ini haruslah sesuai dengan berkas-berkas yang anda miliki. Misalnya untuk alamat domisili, Propinsi, Kabupaten, Nomor Telepon yang masih aktif, Tinggi Badan, Status Kawin, dan beberapa hal lain yang harus anda isi dengan kenyataan yang ada.

5. Kemudian anda Klik “Simpan” apabila data yang anda masukkan sudah lengkap, tapi jangan lupa untuk cek ulang takut ada salah ketik data.

6. Setelah pelamar mengisi Biodata tersebut, kemudian anda bisaKlik “Daftar” untuk melanjutkan proses pendaftaran instansi yang dituju.

7. Anda harus masuk ke form pendaftaran SSCN ddan memilih jenis formasi instansi yang dituju, pilihan jenis formasi tersebut bisa dilihat pada Pengumuman Instansi yang sudah dijelaskan sebelumnya.

8. Setelah anda melakukan pendaftaran SSCN dan memilih instansi, hal selanjutnya yang perlu anda lakukan adalah mengecek Pelamar SSCN, apakah anda sudah terdaftar atau belum?

9. Hal terakhir yang perlu anda lakukan adalah melakukan cetak kartu pendaftaran dengan melakukan klik “Cetak” pada kolom registrasi tersebut.

10. Jangan lupa untuk upload dokumen terlebih dahulu agar pendaftaran anda berhasil.

Itulah beberapa hal yang perlu anda lakukan, semoga cara login dan petunjuk daftar CPNS di sscn.bkn.go.id ini bisa bermanfaat bagi anda, terima kasih.