Setelah merayakan Idul Fitri, umat muslim merayakan satu hari raya besar lagi, yaitu Idul Adha. Saat Idul Adha, umat muslim dianjurkan berkurban yang hasilnya akan dibagikan kepada orang yang membutuhkan.

Karenanya, menjelang perayaan Idul Adha harga kambing kurban, sapi kurban, dan hewan kurban lainnya mengalami kenaikan harga.

Setiap tahun harga hewan kurban selalu menjadi perhatian banyak orang, karena harganya yang semakin tinggi.

Sejatinya, berkurban tidak hanya diperuntukkan bagi golongan kaya atau menengah ke atas saja, melainkan semua golongan.

Siapapun orangnya, baik kaya maupun miskin, jika seorang muslim mampu, harus dijalankan. Karena hukum berkurban adalah sunnah muakkad, yang berarti ibadah ini sangat dianjurkan untuk dikerjakan.

Namun, banyak sekali yang mengurungkan niatnya untuk berkurban karena melihat harga kambing kurban dan hewan kurban lainnya melonjak tinggi dari tahun ke tahun.

Begini Cara Meminimalisir Harga Kambing Kurban yang Melonjak Tiap Tahun

Sebetulnya, permasalahan harga kambing kurban dan hewan kurban lainnya yang setiap tahun mengalami kenaikan harga ini dapat diatasi dengan beberapa cara berikut:

  • Tabungan Kurban

Bagi yang penghasilannya pas-pasan pasti kesulitan untuk mengeluarkan uang yang besar dalam satu waktu untuk berkurban.

Karenanya, Anda harus memulainya dengan cara menabung. Pertama kali yang harus Anda lakukan adalah memprediksi kenaikan harga hewan kurban.

Biasanya harga hewan kurban naik 10% tiap. Kemudian, perkirakan berapa uang yang harus disiapkan pada tahun-tahun berikutnya.

Nah, kemudian perkiraan berapa Anda harus menabung setiap bulannya.

Cara ini dapat membuat Anda berkurban setiap tahun tanpa harus mengeluarkan biaya besar sekaligus satu waktu.

  • Tabungan Emas untuk Kurban

Jika menabung dengan uang khawatir akan terpakai uangnya, sisihkan sebagian penghasilan Anda untuk membeli emas setiap bulannya. Dengan menyimpan uang Anda dalam bentuk perhiasan emas, Anda tidak perlu khawatir uangnya akan terpakai. Sementara menunggu hari raya kurban, Anda bisa memakai perhiasan tersebut untuk ke pesta ataupun acara lainnya.

  • Kurban Kolektif

Cara ini banyak dilakukan orang. Namun, hanya yang berkurban dengan sapi atau unta yang bisa menjalankannya. Sebab, satu ekor sapi bisa menjadi kurban bagi 7 orang, sementara satu ekor unta bisa menjadi kurban bagi 10 orang. Kumpulkanlah dana secara berkelompok bersama teman-teman Anda yang juga ingin berkurban sapi.

  • Jasa Pihak Ketiga

Pihak ketiga maksudnya adalah lembaga khusus yang sengaja dibentuk untuk membantu umat muslim berkurban, seperti Global Qurban. Harga kambing kurban, sapi kurban, dan hewan kurban lainnya pun cukup terjangkau dengan kualitas baik.

Global Qurban menawarkan beberapa cara untuk berkurban; tabungan kurban dan lumbung ternak masyarakat.

Selain itu, Anda dapat mendistribusikan daging kurban Anda melalui Global Qurban ke wilayah-wilayah yang tidak dapat Anda jangkau.