Bagian yang sangat penting di dalam proses tumbuh kembang anak adalah perkembangan kecerdasan otaknya. Pada 3 tahun pertamanya adalah usia krusial si kecil dan pada masa ini disebut dengan periode usia emas, dimana perkembangan otaknya berkembang dengan sangat pesat yang bahkan volumenya bisa menyentuh angka 80 persen dari volume otak orang dewasa.

Masa ini adalah waktu yang sangat penting dalam menentukan pembentukan pengetahuan serta perilaku si kecil. Periode usia emas, dimana berlangsungnya perkembangan otak yang terjadi dengan begitu pesat ini hanya akan berlangsung saat periode tersebut saja dan tidak terulang saat anak beranjak dewasa nantinya.

Alfa Laktalbumin dan Perkembangan Otak

Pada masa bayi, si kecil kebanyakan menghabiskan kesehariannya dengan tidur.

Pahamilah bahwa tidurnya anak bayi tidak sekedar sebagai waktu untuk istirahat, namun juga periode berlangsungnya aktivits otak dengan intens yang mengaitkan fungsi otak serta memegang peranan penting dalam hal pertumbuhan maupun perkembangan dan maturasi sel otak.

Sehingga pola tidur yang baik pada bayi akan memberikan kontribusi yang besar dalam perkembangan otaknya.

Nah, salah satu yang mempengaruhi pola tidur bayi adalah Alfa laktalbumin. Alfa laktalbumin adalah nutrisi yang bisa diperoleh bayi lewat ASI maupun susu pertumbuhan yang sudah diformulasikan dengan kandungan Alfa laktalbumin seperti Wyeth Nutritition S-26 Procal Gold.

Bagian yang berperan untuk pola tidur yang berkualitas pada bayi dari Alfa laktalbumin adalah zat triptofan. Nilai nutrisi dari alfa laktalbumin ada di tingginya kadar asam amino esensial, terlebih adalah triptofan, lisin serta sistein.

Kadar triptofan yang tinggi di dalam Alfa laktalbumin memegang peranan yang penting dalam maturasi otak serta perkembangan regulasi asupan makanan, ritme bangun tidur dan juga rasa kenyang yang kesemuanya tidaklah lain adala neurobehavioral.

Terdapat studi yang menemukan bahwa bayi yang menerima asupan triptofan yang cukup punya periode laten tidur yang lebih pendek secara bermakna. Selain itu juga berkaitan dengan perbaikan periode laten serta deep sleep. Zat triptofan ini pun jadi faktor yang penting dalam perkembangan kecerdasan otak si kecil. Oleh sebab itulah si kecil perlu untuk memperoleh asupan zat yang satu ini.

Di dalam ASI, kadar Alfa laktalbumin adalah kurang lebih mencapai 28 persen dari protein total. Jumlah tersebut jauh lebih tinggi dibandingkan yang ada pada susu sapi yang hanya sekitar 3 persen saja. Akan tetapi juga ada beberapa penelitian yang menunjukkan bhawa penambahan formula bayi dengan protein whey Alfa laktalbumin dan juga menurunkan konsentrasi protein bisa membuat komposisi protein whey pun hampir sama dengan ASI.